Rubah Merah, Spesies Rubah Terbesar di Genus Vulpes

Rubah merah adalah salah satu spesies rubah yang berasal dari famili Canidae. Rubah satu ini termasuk spesies terbesar di genus Vulpes. Nama Latin rubah ini yaitu Vulpes vulpes.

Rubah Merah tersebar di Sebagian besar belahan bumi utara, mulai dari Samudera Arktik hingga Amerika Tengah, Asia Tengah, dan Afrika Utara.

 

Klasifikasi

 


Berikut klasifikasi Rubah Merah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Mamalia

Ordo : Karnivora

Famili : Canidae

Genus : Vulpes

Spesies : Vulpes

 

Ciri – Ciri

Warna bulu Rubah Merah bagian atas berwarna merah kekuningan hingga cokelat pucat dan putih, sedangkan warna abu – abu di bagian bawah. Bagian kakinya berwarna hitam. Ekornya berwarna hitam hingga putih.

Rubah merah memiliki Panjang tubuh 45,5 hingga 90 cm, panjang ekor 30 – 55 cm. Rubah ini memiliki berat badan 3 – 14 kg.

 

Habitat



Rubah Merah berhabitat di hutan, tundra, padang rumput, gurun, pegunungan, lahan pertanian, dan daerah perkotaan. Mereka menyukai habitat vegetasi campuran, seperti semak belukar dan hutan.

 

Kebiasaan

Rubah Merah termasuk hewan yang suka menyendiri dan membentuk keluarganya sendiri. Mereka biasanya hidup di wilayah tertentu atau berkeliaran tanpa tempat tinggal.

Rubah Merah menandai wilayahnya dengan urin mereka.

Rubah Merah lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berburu. Sedangkan rubah betina menghabiskan waktunya untuk bermain – main dan menjaga wilayahnya.

Rubah Merah dewasa akan meninggalkan keluarganya setelah berusia dewasa.

Masa hidup Rubah Merah yaitu 10 – 12 tahun.

 

Makanan

Rubah Merah termasuk hewan pemakan segala (omnivora). Makanannya yaitu buah – buahan, burung, bangkai hewan, dan serangga. Jika tidak ada waktu, mereka akan menyimpan makanannya.

 

Predator

Hewan – hewan yang suka memangsa anak – anak Rubah Merah yaitu anjing hutan dan serigala.

 

Musim Kawin

Musim kawin Rubah Merah bergantung pada wilayah tempat tinggalnya. Di wilayah selatan, berlangsung pada bulan Desember atau Januari. Di wilayah barat, berlangsung pada bulan Januari atau Februari. Di wilayah utara, berlangung mulai bulan Januari hingga April.

 

Cara Berkembang Biak

Rubah Merah termasuk hewan memamah biak. Rubah betina mampu melahirkan sebanyak 5 ekor bayi rubah.

 

Status Konservasi

Rubah Merah termasuk hewan dalam daftar di IUCN (International Union for the Conservation of Nature) Red List dengan status konservasi LC (Least Concern) dan CITES ((Convention on International Trade in Endangered Species) Appendiks II.

Comments